anti klik kanan

Senin, 23 Februari 2015

Pendakian #1 : Gunung Merbabu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuuh
Selamat malam pembaca, selamat datang di blog saya yang apalah-apalah ini.
Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk pembaca. :)
Pada kesempatan kali ini akan saya share pengalaman saya kemarin saat pertama kali mendaki gunung. Dan tujuan pendakian kali ini adalah Gunung Merbabu.
Selamat membaca ^_^

Perjalanan ini dimulai pada tanggal  21 Februari 2015. Tim kami berjumlah 8 orang, 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Mereka adalah Mas Danang, Mas Angki, Zuhdi, Afik, Yoga, Heru, Mb Fitri dan saya sendiri. :D
Tim kami
Heru, Afik, Mb Fitr, Mas Danang, saya, Yoga, Zuhdi, dan sang fotografer Mas Angki
Sekitar pukul 16.30 sore kami berjanjian kumpul di wilayah Godean.
Keberangkatan dari Godean dimulai pukul 17.22 WIB. Memulai perjalanan melewati jalan Godean-Seyegan-Tempel-Magelang-Kopeng. Disepanjang perjalanan kami mampir 3x ke pom bensin dan 1x ke konter HP. Saat memasuki wilayah yang sudah agak menanjak, saya merasakan hawa dingin sejuk gimana gitu, hehe. Sampai akhirnya kami memasuki gapura masuk ke wilayah Kopeng, dan setelahnya akan menemui jalan yang menanjak terus, entah berapa derajat kemiringan. Harap diperhatikan, kondisi kendaraan anda :D
Akhirnya, sekitar pukul 18.35 kami sampai di basecamp Kopeng. *fyuhh*
Setelah berhenti sejenak untuk shalat Isya, peregangan otot dan mempersiapkan pembagian barang yang akan dibawa, kami memulai pendakian pukul 18.57.
Pendakian ini adalah yang pertama bagi saya, dan kedua kalinya bagi yang laki-laki. Saya merasa sedikit khawatir  tentu karena ini merupakan pertama kalinya.
Diawal pendakian kami ada sedikit  hambatan di tim kami. Salah seorang teman kami mengalami sedikit rasa sakit dan mengharuskan kami untuk meninggalkannya di bawah. Tetapi tenang, dia ditemani salah seorang teman kami yang lain juga. Kami berenam pun melanjutkan pendakian.
Setelah beberapa kali berhenti kelelahan dan mendaki lagi, kami pun sampai di pos 1 pukul 21.50. Di pos 1, kami istirahat melepas penat, lelah, dan letih cukup lama. Rencananya sekalian menunggu teman kami yang 2 di bawah tadi. Karena cukup lama mereka belum sampai-sampai, kami pun melanjutkan pendakian menuju pos 2 pada pukul 22.35.
Pendakian menuju pos 2 akan melewati jalan tanjakan berliku, jalan agak datar, dan jalan yang kanan kirinya terdapat tumbuhan semak yang cukup tinggi. Disarankan di area ini untuk tetap bersama dan jangan sampai terpisah, karena cukup menegangkan saat dimalam hari.
Sesampainya di pos 2 pada pukul 01.07 tertanggal 22 Februari 2015, akhirnya kami bisa melonggarkan barang-barang bawaan.  Para pria mulai membuat tenda dan para wanita mulai memasak untuk menyiapkan makan malam. Dipertengahan pendirian tenda, ternyata kedua orang teman kami yang dibawah sampai di pos 2. Mereka (katanya) mendaki dengan kecepatan super *haha*, hingga bisa sampai di pos 2 dibelakang kami. Sekitar pukul 02.00 an, kami pun makan malam, atau bisa disebut makan tengah malam. *haha*
Malam itu saya memutuskan untuk tidak melanjutkan menuju puncak, pegel euy, dan akhirnya yang lanjut puncak adalah 4 teman kami yang laki-laki dan 4 yang lain tetap tinggal di tenda. Seraya istirahat kami banyak berbincang, sempat berkenalan dengan pendaki lain yang tendanya tak jauh dari kami. Dia berkata suhu saat itu sekitar 10⁰ C. Kami pun melanjutkan untuk tidur.

22 Februari 2015, pukul 07.00 saya baru bangun. X_X

Pagi itu pagi yang luar biasa bagi saya. Pagi pertama di Gunung Merbabu. Rasanya tak bisa di rangkai dengan kata. :D *haha*
Setelah sarapan, foto-foto, bersih-bersih, kami pun mulai mengemasi barang untuk penurunan gunung.
Foto-foto dulu :D
Mulai penurunan sekitar pukul 11.35. Penurunan ini cukup lebih singkat dibanding saat pendakian. Kami pun sampai pos 1 pukul 12.37.
Sampai pos 1 :D
Ketika para pria sampai di basecamp pukul 13.50an, saya sampainya pukul 14.00 lebih banget. *wkwkk*
Karena saat penurunan saya yang paling terakhir, tidak seperti saat pendakian yang slalu di depan. :D
Setelah istirahat, mandi, dan makan, kami memulai perjalanan pulang pada pukul 15.50. Perjalanan pulang ini agak santai, dikarenakan masih agak lelah.
Akhirnya sampai juga kami di Jogja (Godean) sekitar pukul
Selepas beristihat melepas rasa lelah letih dan pegal, kami pun pulang.
Terimakasih untuk orangtua saya yang mengijinkan dan merestui saya mendaki.
Terimakasih untuk teman-teman yang ikut serta dalam pendakian kali ini, saya sungguh merasa bahagia sekali.
Terimakasih juga untuk pembaca yang menyempatkan membaca perjalanan saya ini.
Terimakasih untuk pom bensin, konter, warung kelontong, dan yang ikut membantu
Terimakasih juga untuk semua pihak yang membantu yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Tanpa kalian, kami belum tentu sampai. *hehe*
Tim bersiap turun :D
Selamat malam pembaca, selamat beristirahat.