anti klik kanan

kursor

Follow me on Twitter

Selasa, 26 April 2011

Cenat-Cenut Nonton Sm*sh


12977415461548893736
Grup Facebook Anti Smash (BOY BAND)
Saya melongo saat memindah channel ke Trans TV, pagi ini, Selasa (15/02/2011). Dalam sebuah acara live musik, sekelompok pemuda brondong terlihat menyanyi dan bergoyang-goyang lincah bak Justin Bieber. Yang bikin mulut saya tambah menganga adalah tingkah penontonnya yang mayoritas adalah cewek-cewek ABG.
Mereka membentuk setengah lingkaran yang sangat dekat dengan aksi sekelompok penyanyi itu. Tak peduli meski berjubel, cewek-cewek itu tetap histeris, berteriak, bergoyang dan ikut bernyanyi.
Tangan mereka heboh bergerak ke sana ke mari. Bahkan sambil bergoyang, ada pula yang menyorongkan ponsel untuk mengambil gambar sang idola.
Para penonton itu dibatasi beberapa Satpam yang membentuk pagar betis. Tapi, lho? Kok Satpam yang bertubuh gede dan gagah itu ikut-ikutan goyang? Ooo… saking hebohnya para ABG bergoyang, otomatis mereka mendesak-desak para Satpam itu hingga seolah bergoyang. Ada-ada saja.
Itulah histeria yang ditimbulkan boyband lokal bernama Sm*sh. Saya baru melihat aksi utuh mereka pagi ini, setelah sebelumnya sekilas melihatnya di iklan kartu perdana yang dibintangi juga oleh Sule.
Lagu andalan mereka berjudul “I Heart You” dan dalam lagu itu pun muncul istilah yang kemudian ngetop, yakni “cenat-cenut”. Simaklah penggalan lirik yang saya ambil dari situs musiklib.org sebagai berikut,

Kenapa hatiku cenat-cenut tiap ada kamu
Selalu peluh pun menetes setiap dekat kamu
Kenapa salah tingkah tiap kau tatap aku
Selalu diriku malu tiap kau puji aku
Deskripsi singkat boyband ini juga bisa dilihat di situs pencarian musik, musikki.com. Dalam bio hasil searching di musikki, di sebutkan bahwa Sm*sh merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada April tahun 2010. Grup musik ini beranggotakan 7 orang yaitu Morgan Oey, Rangga Dewamoela, Rafael, Dicky M. Prasetya, Reza Anugrah, Muhammad Ilham Fauzi, dan Bisma Karisma. Genre musik grup ini adalah pop. Album pertamanya ialah Sm*sh dirilis pada tahun 2010 dengan lagu utama “I Heart You”.
Sayangnya, kehadiran boyband ini diiringi kontroversi dan isu tak sedap terkait plagiat. Forum-forum di jagad maya menganggap mereka menjiplak gaya boyband asal Korea dan Jepang. Bahkan lagu “I Heart You” dituduh mirip-mirip dengan lagunya Justin Bieber “Baby”.
Bicara tentang kontroversi, sebenarnya hal ini sudah menjadi resiko sebuah boyband. Tak cuma jika mereka asal Indonesia, bahkan boyband macam Westlife, N’Sync, dan sejenisnya, selalu memunculkan kebencian di samping histeria. Pembenci boyband beranggapan bahwa jenis musik mereka tidak macho, tak bisa main musik, dan ekstrimnya: dianggap gay atau penyuka sesama jenis.
Sm*sh (yang mengganti huruf “a” dengan simbol *), tak urung harus melihat kenyataan bahwa mereka juga banyak dihujat. Bahkan grup facebook dengan tajuk “Anti Smash (BOY BAND)” sudah muncul dengan anggota hingga hari ini mencapai 2.900-an. Grup facebook itu hanya memiliki deskripsi singkat nan tajam: BOY BAND PLAGIAT.

Sumber :  Kompasiana
Berita Anti Sma*sh Lain : Audreeya Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar