anti klik kanan

kursor

Follow me on Twitter

Senin, 10 Oktober 2011

[FILM] Yes or No 1 (2010)


Yes or No ( Thai : อยาก รัก ก็ รัก เลย; RTGS : Yak Rak Ko Rak Loei, artinyaa "Biarkan Cinta Tumbuh Apa Adanya") adalah Film Thailand yang dibintangi Sucharat "Aom" Manaying dan Supanart "Tina" Jitalleela. Film ini disutradarai oleh Sarasawadee Wongsompetch. Yes Or No tampaknya menjadi film pertama memberikan peran utama serius untuk Tom (butch lesbian) karakter yang dimainkan oleh Jittaleela sementara Manaying memainkan Pie yang permusuhan ke Tom sejajar prasangka yang kuat dan vokal ibunya.

Jalan Cerita
Pie berasal dari keluarga kelas menengah atas Thailand yang menganut pemikiran tradisional dan adat, termasuk penolakan yang sangat vokal homoseksualitas. Kim, di sisi lain, membawa dirinya dengan maskulinitas yang disengaja yang menentang konvensi dan mengintimidasi Pie pada pertemuan pertama, begitu banyak sehingga dia langsung meminta perubahan teman sekamar yang kuliah segera menyangkal.
Pie enggan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan teman sekamarnya jadi dia mengambil selotip dan membuat batas dalam kamar untuk memisahkan ruangnya dari Kim untuk menghindari kontak sebanyak mungkin. Pada hari pertama kelas, Kim secara kebetulan bertemu Jane, yang terlihat masih menangis setelah putus dengan kekasihnya. Kim menawarkan saputangannya untuk Jane agar segera mengusap air matanya. Kemudian minggu itu, Jane masuk ke kamar Pie dan Kim, dia malu dan terkejut melihat Kim. Dia segera berjalan keluar, kemudian datang kembali dan menyeret Pie keluar di lorong. Jane mengaku bahwa Kim adalah gadis dia telah dia suka dan menggunakan Pie untuk mendapatkan pengantar dan dengan demikian mulai mengejar dia untuk Kim.
Meskipun seberapa keras Pie mencoba untuk mengabaikan atau mencegah Kim, kedua mulai berbaur ketika Kim memasak dan berbagi dengan Pie dan dua memiliki percakapan singkat bersama-sama. Suatu hari Kim menerima paket dari pekerja ayahnya dan diperintahkan untuk menyampaikan kepada Bibi Inn. Dia meminta Pie untuk membantunya sampai di sana tapi Pie ternyata buru-buru ke bawah dan memberikan arah yang singkat sebelum berjalan pergi. Malam waktu jatuh dan Kim terlihat duduk di dekat sebuah danau, benar-benar tersesat. Pie menemukan dia dan menawarkan dia untuk membawanya ke Bibi Inn tetapi hanya sebagai ucapan terima kasih untuk makanannya.
Yang dimulai serangkaian momen di mana dua mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama semakin dan segera "garis batas" menghilang dan Pie menemukan dirinya melayang jauh dari dia kemudian pacar, untuk Kim. Keduanya bercerita banyak saat-saat manis, terutama, ketika Kim mengambil Pie ke taman untuk membantu informasi rekamannya untuk sekolah. Bagian dua lollipop dan Kim secara tidak langsung, mengakui ketertarikannya untuk Pie. Yang terakhir ini tidak menjawab tapi dia terlihat tersenyum.
Tapi seperti perasaan Pie yang tumbuh, begitu juga orang-orang dari Jane untuk Kim, dan Van untuk Pie. Karena Pie belum menerima bahwa ia mungkin memiliki perasaan untuk Kim, dan Kim enggan untuk mengakui, hal ini memicu kecemburuan dan saling kesedihan. Ketika Van tiba-tiba muncul di sekolah untuk mengajak Pie keluar, dia mencoba untuk menolaknya tapi Jane datang dan mengajak dirinya dan memaksa Kim dan Pie untuk menerima tawarannya. Selama beberapa waktu mereka bersama-sama, Pie tampak marah pada kedekatan Jane adalah Kim dan mencoba berbagai hal untuk membuat Kim cemburu atau mereka menghabiskan waktu sendirian. Setelah usaha yang gagal, ia dan Jane meninggalkan sejenak di mana Van berbicara tentang ibu Pie yang sangay tidak suka pada homoseksual. Dia kemudian melanjutkan dengan mengatakan bahwa Kim perlu meninggalkan Pie sendirian karena tidak suka padanya dan hal seperti itu tidak akan pernah terjadi, dan kemudian ejekan Kim dengan mengatakan Pie ingin hal yang nyata dibandingkan silikon (mengacu pada seks). Marah, Kim pun pergi. Ketika Pie dan Jane kembali mereka mencari Kim tapi Van mengatakan dia tidak tahu apa yang terjadi.
Pie mencari Kim beberapa kali selama beberapa waktu dan tidak terlihat di seluruh pasar. Akhirnya, ia terlihat di asrama dengan ekspresi marah. Kim berjalan dengan tangannya penuh tas, Pie mulai berteriak padanya untuk meninggalkan dan Kim berteriak kembali bahwa dia memiliki Van jadi sehingga tidak masalah. Pie kemudian berteriak pada Kim karena terlalu dekat dengan Jane tapi bukannya mengumumkan itu cemburu, kata dia muak dengan dua gadis bersama-sama. Hal ini mendorong Kim untuk membuang tas dan meninggalkan ruangan. Menyesal, Pie melihat isi tas dan menemukan kotak Jellyfish, sesuatu yang pernah dia katakan kepada Kim yang dia inginkan. Dia kemudian meraih payung dan berjalan untuk mencari Kim. Akhirnya dia menemukan Kim di telepon umum, basah kuyup dan menggigil. Setelah menemukan dia, Kim menyatakan cintanya kepada Pie dan dia tahu meskipun Pie tidak akan pernah mencintainya, dia tetap mencintainya. Pie kemudian menjatuhkan payung dan memeluk Kim.
Setelah pengakuan, keduanya memiliki ciuman pertama mereka dan mulai hubungan bersama, tanpa sepengetahuan siapa pun. Kebahagiaan ini berumur pendek. Pada suatu malam, ibu Pie datang ke asrama. Terburu-buru, Pie memberitahu ibunya untuk pergi menggunakan toilet sementara dia mengambil foto dirinya dan Kim lalu disembunyikannya. Segera setelah itu, Pie dan ibunya duduk di tempat tidur dan mengobrol. Kim, yang tidak tahu ibu Pie ada dikamar, masuk ke ruangan. Terkejut, Kim menyadari situasi dan berpura-pura menjadi seorang mahasiswa dari menyusuri lorong meminta bukunya kembali dari Pie, bingung dan takut, Pie cepat meraba-raba mencari beberapa buku dan memberikan mereka untuk Kim dengan "Terima Kasih". Ketika Kim meninggalkan dia meninggalkan pintu terbuka dan mendengarkan komentar jahat ibu Pie tentang dia, dia mulai menangis dan berjalan pergi.
Tak lama setelah itu, Kim sakit. Pie mengurus dirinya tapi segera harus kembali ke kelas, untuk memastikan Kim mendapat istirahat, ia memberinya obat dan menempatkan penutup mata atas matanya. Jane bertanya tentang Kim dan ketika mengetahui bahwa Kim sakit dia datang menjenguk di kamar. Dia meletakkan di samping Kim dan mulai memijatnya. Akhirnya Pie datang kembali ke asrama untuk menemukan Kim dan Jane dalam posisi romantis, berpelukan dan berciuman satu sama lain. Jane buru-buru bangun dan Kim melepas penutup mata nya. Menyadari bahwa itu adalah Jane dan bukan Pie, ia bergegas untuk menjelaskan, tapi Pie mulai menangis dan melemparkan lampu Jellyfish kaca yang telah Kim belikan untuknya di lantai dan berjalan keluar ruangan. Kim mencoba untuk mengejarnya, tapi Jane memegang tangannya, menuntut dia tinggal dan apa hubungan tersembunyi antara dia dan Pie.
Kim mencari sekitar kampus, pergi ke semua tempat dia dan Pie akan selalu pergi juga dan terus-menerus menelepon ponselnya tapi akan dikirim ke pesan suara dan tidak menemukannya. Dia akhirnya berakhir di bibi Inn yang mencoba untuk mencari tahu apa yang salah, tapi Kim menerima panggilan telepon dari Jane menangis untuk penjelasan dan mengancam untuk menyebarluaskan berita tentang hubungan Pie dan Kim. Setelah Jane menutup telepon, dia mengambil cutter, siap untuk melukai dirinya sendiri. Tapi Nerd muncul dan memukul dia. Kim berjalan kembali ke asrama dan menemukan Jane, mengatakan bahwa ia hanya ingin persahabatan dengan dia dan bahwa dia mencintai Pie. Akhirnya kedua nya saling pengertian.
Kemudian, Anda melihat bahwa Pie telah pergi ke rumah ibunya dan menangis di tempat tidur. Ibunya, yang tidak tahu apa yang terjadi, khawatir bahwa Pie telah menangis begitu lama. Setelah Pie merebahkan diri ia meminta ibunya akan dia marah jika dia tidak mencintai Van, ibunya menjawab bahwa dia tidak peduli apakah Pie tidak mencintainya. Pie kemudian meminta ibunya bagaimana jika dia menyukai seseorang yang berjenis kelamin sama, ibunya tidak merespon tetapi terlihat dengan ekspresi kaget. Kim menemukan cara untuk datang ke rumah Pie nanti dan berbicara kepada ibu, mengaku bagaimana perasaannya untuk Pie. Sang ibu menolak dan memanggil ke bawah Pie untuk menerima Kim atau tidak. Pie terlalu takut dan menolak Kim di depan ibunya. Patah hati, Kim meninggalkan rumah Pie.
Kim kembali ke rumah ayahnya dan bekerja di pertanian, setelah beberapa minggu, Pie terlihat pergi ke peternakan dan menemui ayah Kim. Setelah pengenalan singkat, ia mengatakan di mana Kim dan dia bergegas datang kepadanya. Begitu dia melihat Kim, ia mulai mengakui perasaannya dan menyatakan bahwa ia secara terbuka akan melawan ibunya dan bahwa ia membutuhkan Kim dalam hidupnya. Ketika Kim tidak menjawab, Pie meminta maaf mengatakan "Aku sudah terlambat" dan menangis lalu berbalik pergi. Kim memberhentikannya dengan pelukan dan ucapan terima kasih Pie karena berani mencintainya. Kedua kemudian saling berpelukan dalam pelukan kerinduan. Pie meninggalkan surat untuk ibunya yang menyatakan dia menyesal tapi dia mencintai Kim dan akan melanjutkan hubungan dengan dia.

Pemain
Sucharat Manaying - sebagai Pie
Suppanad Jittaleela - Kim
Arisara Tongborisuth - sebagai Jane
Soranut Yupanun - sebagai Van
Intira Youenyong - sebagai Bibi Inn
Maneerut Wongjirasak - sebagai Ibu Pie
Puttipong Promsaka Na Sakolnakorn - sebagai Ayah Kim
Thanapat Sornkoon - sebagai Boy
Narumon Reanaiprai - sebagai Nerd
Bandit Thongdee - sebagai Odd
Sophon Phoonsawat - sebagai Jeab
Pongsit Phisitthakarn, Nuttapatch Arunsirisakul, Tantong Funyueang, Watchanan Jitpakdee - sebagai member Gang Cowok

Soundtrack
1. "สบตา (In The Eyes)" - Tina Jittaleela & Sucharat Manaying
2. "ไม่ ได้ (No)" - Rachawadee
3. "ถ้า สัก วัน เธอ จะ กล า พอ (Jika One Day Anda Memiliki Keberanian)" - Budokan
4. "รัก ระยะ ไกล (Love Remote)" - Budokan

Penerimaan Kritis
Salah satu yang dikenal luas situs kritikus film Thailand, filmbiz menyatakan "Perlahan-lahan pada tumit gay laki-laki film remaja Cinta Siam (รัก แห่ง สยาม, 2007) datang asmara lesbian pertama Thailand, Yes or No (Yaes or No อยาก รัก ก็ รัก เลย ), jalur-melanggar usaha lebih banyak di negara lahiriah permisif tapi underlyingly sangat konservatif. Profesional ditembak dengan anggaran kurang dari $ 500.000, dengan tampan fotografi oleh dp Ruengwit Ramasoota (เรือง วิทย์ ราม สูต) dan soundtrack poppy yang mencakup satu lagu yang jelas untuk hubungan gay, film ini jinak bahkan oleh standar negara-negara Asia lain, tetapi mendapat oleh pada sederhana, pesona lugu yang baik sangat Thailand dan sangat diperlukan (mengingat sifat subjek). " Film ini diberi nilai 4 setengah dari 5 bintang.


Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar